Pengenalan Flow Meter, Mulai Dari Jenis Dan Fungsinya

Flow meter bisa di definisikan sebagai alat pengukur debit suatu  fluida baik didalam aliran tertutup seperti terhadap jaringan pipa maupun aliran terbuka seperti parit, kanal atau sungai

. Jumlah Aliran fluida yang bergerak selanjutnya bisa di deteksi dan diukur volumenya dan flow ratenya serta kecepatan alirannya tergantung teknologi flowmeter yang digunakan dengan Flow Meter Tokico.

Pengertian Definisi flow meter selanjutnya sebagai paling simpel dan sesuai bersama kemajuan tekhnology fungsi berasal dari flowmeter udah berkembang sampai bisa mengirim data atau input control ke plc.

Flow meter banyak digunakan dihampir seluruh type industri baik bermanfaat sebagai monitoring kecepatan aliran, debit aliran maupun totalizer fluida.

 Dalam Menentukan jenis, dan type flow meter kudu disesuaiakan bersama aplikasi dan obyek pemasangan flow meter, agar bisa beroleh fungsi yang optimal.

Jenis Flowmeter untuk air Chiller

Flow mtr. air dingin chiller banyak digunakan di sistem pendingin terhadap gedung bersama kapasitas besar. Dimana flow mtr. chiller digunakan seperti di hotel, mall dan juga cold storage.

Untuk memantau performa dari chiller kebanyakan mengacu terhadap kapasitas energi yang dihasilkan oleh chiller. Sehingga kudu diketahui  flow rate bersama flow mtr. air dingin yang  dikalkulasikan bersama besaran angka temperature. Selanjutnya mampu didapatkan heat energy bersama satuan joule atau yang lainnya.

Ada beerapa tipe flow mtr. air dingin chilleryang mampu digunakan yaitu

Flow mtr. magnetic

Flow mtr. vortek

turbine flow meter

Ultrasonic Flow meter

Namun flow mtr. yang sering dipakai gara-gara efektif menghitung heat energy adalah magnetic flow mtr. dan ultrasonic flow meter. Dua tipe flow mtr. ini kebanyakan sediakan input temperature berwujud analog 4-20 mA dan output analog 4 – 20 mA . Selain itu terhadap tipe tertentu jeni slow mtr. electromagnetic dan ultrasonic sediakan input berwujud Temperature. Dengan input temperature maka flow transmiter bakal mampu menghitung heat energy. Aplikasi ini maka flow mtr. mampu menampilkan bacaan erupa temperature dan Flow rate, agar mampu diketahui heat energy nya bersama unit joule.