Tips Menyusun Creative Brief di dalam Penciptaan Konten Unik

Bagi Anda yang kerap menyelenggarakan campaign, baik untuk social media campaign, website, atau tipe campaign lainnya, Anda pasti pernah mendengar yang namanya creative brief.

 Creative brief di dalam penciptaan konten unik adalah kerangka pembuatan konten bersifat dokumen, yang memuat trick penciptaan dan termasuk pedoman pembuatan suatu konten. Kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi tips menyusun creative brief agar bisa membuahkan konten yang unik.

Tips Menyusun Creative Brief di dalam Penciptaan Konten Unik

Sebagai kerangka, creative brief tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Bagi Anda yang baru pertama kali terjun di dalam pembuatan creative brief, Anda bisa berharap pertolongan dari tim digital marketing agency Jakarta yang berkolaborasi dengan Anda di dalam menggerakkan digital campaign.

Namun, jikalau Anda dambakan coba membuatnya sendiri, maka yang perlu Anda cantumkan di dalam creative brief, antara lain:

Brand statement yang ditulis secara singkat.

Latar belakang dan tujuan kampanye.

Tantangan yang perlu dilalui.

Target audiens.

Kompetitor utama brand.

Nilai-nilai yang dimiliki brand.

Jalur komunikasi agar proyek bisa berlangsung secara lancar dan terarah.

 Setelah Anda memahami apa saja perihal basic yang perlu dicantumkan di dalam creative brief, maka berikut ini tips menyusun creative brief di dalam penciptaan konten unik yang perlu Anda penuhi.  

Buat Latar Belakang Brand atau Proyek

Dalam creative brief, Anda perlu mencantumkan secara detil latar belakang merek menyelenggarakan digital campaign. Ini menjadi penentu tone brief yang Anda susun. Pemahaman yang mengenai dengan visi, motivasi, dan tujuan kampanye, termasuk bisa Anda lihat di anggota ini.

Anda bisa menjadi memicu atau menyusun creative brief ini dengan tidak cukup lebih dua kalimat, yang didalamnya merangkum semua misi brand jasa konten tiktok, sesudah itu lanjutkan dengan mengatakan latar belakang mengapa proyek ini Anda jalankan.

Masukkan Tantangan yang Harus Ditaklukan

Untuk memicu suatu creative brief yang baik, perihal yang sesudah itu perlu Anda melakukan adalah menulis paragraf singkat mengenai dengan tantangan apa saja yang perlu dihadapi dan ditaklukan.

Bisa jadi, tantangan di sini termasuk mengenai dengan pergerakan yang dijalankan oleh kompetitor. Maka, menyertakan pula solusi dari semua problem yang mungkin dihadapi dengan sedetail mungkin. Jika Anda belum mendapatkan tantangan secara lebih spesifik, anggota ini bisa parameter yang perlu raih, sebagai wujud campaign berlangsung dengan maksimal.

Deskripsikan Target Audiens

Jika Anda bekerja sama dengan tim digital marketing agency Jakarta yang menerapkan influencer marketing atau social media marketing, maka creative brief yang Anda bikin perlu secara tertentu mengatakan tujuan audiens yang hendak diraih.

Semua yang terlibat di di dalam keberhasilan kampanye pastinya dambakan memahami audiens seperti apa yang akan menjadi tujuan market atau tujuan proyek dari bisnis mereka. Dalam beri tambahan deskripsi, Anda perlu mencantumkan demografi basic atas tujuan market atau tujuan proyek Anda. Demografi basic ini, mengenai dengan usia audiens, area tinggal, pekerjaan, tipe kelamin, dan beraneka faktor lain. Bahkan, masukkan pula motivasi atau pun customer pain point.

Jauh lebih baik termasuk jikalau tim atau client Anda sudah punyai buyer persona yang mendetail atau lengkap. Jika belum, Anda bisa menyewa jasa pendeteksi demografi atau social media specialist untuk buat persiapan semua information yang Anda perlukan.

Cari Tahu Kompetitor Anda

Dalam dunia bisnis, yang namanya kompetitor itu pasti ada. Baik kompetitor yang menjual produk sejenis, atau kompetitor yang menjual produk berbeda. Oleh sebab itu, punyai ilmu berkenaan kompetitor menjadi perihal yang benar-benar penting di dalam penyusunan creative brief.

Adapun information – information yang mengenai dengan kompetitor, bisa Anda menggunakan untuk lihat peluang dan kelemahan dari kompetitor. Nanti, di sinilah Anda akan mendapatkan peluang untuk tunjukkan keunggulan yang dimiliki bisnis atau produk Anda.

Buatlah Rencana Distribusi Creative Brief

Ketika proyek yang dilangsungkan sudah dibuat, benar-benar penting bagi tim creative digital marketing agency Indonesia untuk memastikan semua perihal mengenai brief sudah disampaikan dengan baik kepada tim pelaksana kampanye. Hasil kelanjutannya nanti, pesan pun akan tersampaikan dengan baik pula kepada customer, calon costumer, dan audiens lainnya.

Dalam melakukannya, Anda perlu memicu daftar kanal atau platform yang akan digunakan di dalam pelaksanaan campaign. Jika menggunakan media sosial, ada baiknya Anda bekerja sama dengan KOL atau influencer yang punyai kebolehan untuk mempromosikan merek Anda. Anda termasuk bisa bekerja sama dengan blogger, yang kebolehan menulis mereka bisa menambah merek awareness dan mendatangkan traffic ke web site Anda.